Rabu, 31 Juli 2013

Turki Trip - Basic Expenses

 a postcard view city
Setelah curhat panjang pada posting sebelumnya, berikut saya coba tuliskan basic budget selama perjalanan Turki kami Maret 2013 lalu. Basic yang saya maksudkan termasuk detail pengeluaran untuk penginapan, transportasi, tiket obyek wisata dan lain - lain kecuali makan dan oleh - oleh.

Saya ga akan tulis soal makan di sini karena seperti telah saya ceritakan sebelumnya, budget (dan porsi) makan saya di luar rata-rata. menurut saya budget makan memang agak menggigit karena biaya hidup memang beda...tapi bisa di siasati dengan cari rumah makan yang sudah menempel harga di luar tokonya...jadi bisa dikira" akan habis berapa

Budget lain yang kecil" tapi banyak adalah air mineral dan toilet. 
Harga air mineral bisa macam - macam...di Goreme saya pernah dapat 0,5 L seharga 1TL, dan 1,5 L seharga 1,5 TL. Sedangkan di minimarket Istanbul kami dapat 1,5L dengan harga di bawah 1TL. Diluar itu semua, biaya ke toilet sama dimana - mana sebesar 1 TL.

Penginapan

Kecuali di Goreme dan Istanbul, penginapan kami selama perjalanan kami booking on site dengan harapan bisa di tawar dan dapat yang paling sreg dengan hati.

Buat saya yang penting adalah kamar mandi nya bersih dan penghangatnya berfungsi.

Sebelumnya pilihan telah kami persempit dengan mencatat hotel" target yang akan kami datangi, dan untungnya beberapa pilihan yang kami buat berdasar review" dionline booking tidak jauh dengan kenyataan yang ada...jadilah proses "on site booking" tidak terlalu ribet.

Pada kenyataannya, beberapa hotel memang bisa kami tawar, namun soal rencana memilih yang terbaik waktu itu hanya tinggal menjadi rencana karena kami biasanya udah kecapean dan pasrah dengan kondisi yang ada.

Menurut saya, penting untuk cari hotel yang menyediakan sarapan. Selain karena praktis dan ekonomis (asumsi kita ga atau berapa harga sarapan dan carinya dimana), hal ini karena mayoritas obyek wisata di Turki areanya luaaaaaaas dan tertutup, sehingga perlu waktu yang lama dan ga bisa cari makan ditengah" kunjungan. Lagian, enaknya berangkat pagi saat tempat - tempat itu ga terlalu ramai.

Sarapan sangat penting karena pasti banyak jalan.

Berikut detail harga penginapan kami selama di Turki :

Expenses Harga


Goreme : The Dorm Cave (dorm bed/night/pax) EUR 10
Pamukkale : Artemis Yoruk (/room) 50 TL
Selcuk : ANZ Guest House (/room) 65 TL
Bergama : Citi Hostel (/room) 60 TL
Istanbul :Subrosa (/room without breakfast) EUR 35

Transportasi

Kecuali perjalanan dari Istanbul ke Kayseri yang menggunakan penerbangan domestik (Atlasjet - Ataturk - Kaysari - 77TL), seluruh perjalanan kami lainnya selama di Turki kami lakukan dengan bis antar kota.

Mencari tiket bis ke kota selanjutnya adalah hal pertama yang biasanya kami lakukan segera setelah sampai di suatu kota. Tujuannya supaya kita bisa tahu jadwal dan estimasi jam keberangkatan.

Pemilihan bis biasanya kami sesuaikan dengan jadwal kami, sehingga selama perjalanan kemarin, kami menggunakan beberapa perusahaan bis yang berbeda.
Rata - rata kondisinya nyaman, dilengkapi dengan penghangat, minum seperti kopi atau teh, snack seperti roti bungkus atau cemilan kering, tivi/tontonan/musik dengan earphone di setiap kursi, selimut (perjalanan malam) hingga wifi.

Beberapa kali kami temui bis berangkat terlambat dari jadwal, tapi tidak pernah sampai setengah jam. Sejauh saya perhatikan, Metro adalah bisa yang paling tepat waktu.
Satu hal yang selalu saya perhatikan adalah bis - bis ini berjalan dengan kecepatan yang konstan, bahkan ketika jalanan kosong....mungkin ada aturan kec/km...tapi jadi gregetan kan.....

Demikian sehingga saya yakin waktu tempuh akan lebih cepat kalo bawa mobil sendiri.

Berikut detail harga tiket bis dan transportasi kami selama di Turki :

Expenses Harga (TL)


Ataturk – Kayseri (Atlasjet) 77.00
Bis : Kayseri Airport – Kayseri City Center 1.70
Bis : Kayseri City Center – Kayseri Otogar 1.70
Bis : Kayseri Otogar – Goreme Otogar (SUHA) 10.00
Bis : Goreme Otogar – Konya Otogar (SUHA) 30.00
Dolmus : Konya Otogar – Mevlana Museum 1.70
Tram : Aladin Tepesi – Konya Otogar 1.70
Bis : Konya Otogar – Denizli Otogar (KONTUR) 45.00
Dolmus : Denizli Otogar – Pamukkale Vilage 3.00
Dolmus : Hierapolis – Pamukkale Vilage 2.00
Dolmus : Pamukkale Vilage - Denizli Otogar 3.00
Bis : Denizli Otogar – Selcuk Otogar (Pamukkale) 22.00
Dolmus : Selcuk Otogar – Ephesus 2.50
Dolmus : Ephesus - Selcuk Otogar 2.50
Dolmus : Selcuk Otogar – Sirince 3.00
Dolmus : Sirince - Selcuk Otogar 3.00
Dolmus : Selcuk Otogar – Izmir Otogar 9.00
Dolmus : Izmir Otogar – Bergama Otogar 10.00
Bis : Bergama Central Otogar – Canakkale (Truva) 30.00
Dolmus : Canakkale – Troy (?)
Dolmus : Troy – Canakkale (?)
Bis : Canakkale – Istanbul (Metro) 50.00
Tram : Aksaray – Sultanahmet 3.00
Tram : Sultanahmet – Airport 3.00
*(?) = lupa, tapi harusnya natara 2,5 - 3 TL

sementara berikut list pengeluaran kami untuk obyek wisata

Expenses Harga
Baloon Tour EUR 100
Green Tour 80 TL
Goreme Open Air Museum 15 TL
Mevlevi Museum 3 TL
Pamukalle Natural Park (include Hierapolis) 20 TL
St John Basilica 8 TL
Isa Bay Mosque Free
Temple of Artemis Free
Ephesus 25 TL
Akropolis : Cable Car (return) 10 TL
Akropolis 20 TL
Troy 15 TL
Basilica Cistern 10 TL
Topkapi Palace 25 TL
Harlem (Inside of Topkapi Palace) 15 TL
Hagia Sophia 25 TL
Blue Mosque Free
Whirling Dervish (Hodja Pasha) 60 TL

Oleh - Oleh 

Well, sebenernya oleh - oleh itu bukan basic expenses sih, hanya saja saya merasa harus menulis beberapa soal oleh - oleh dari Turki karena sebelum saya pergi, saya ga dapet info apapun soal apa yang bisa di beli dari negri ini
Sejujurnya : BUANYAK....sayangnya : MUAHAL....hehe

Ada baiknya selalu membeli sedikit oleh - oleh dari toko oleh - oleh di setiap obyek wisata.
Lebih mahal memang, tapi menurut saya mutunya lebih baik dan yang paling penting ga akan nemu barang yang sama di tempat lain.
Gantungan kunci di toko itu berkisar antara 9 - 20 TL. Saya nemu gantungan kunci helm prajurit romawi di Troy yang keren sekali seharaga 20TL. Yakin deh ga akan nemu yang sama di Grand Bazaar Istanbul

Kopi Turki, bermacam" teh buah dan bunga (bahkan ada jenis teh aroma hutan) dan aneka macam buah kering bisa jadi pilihan lain - selain the famous turkish delight tentunya.
Jangan lupa juga soal karpet dan berbagai macam pecah belah warna - warni yang dari awal memang tidak saya cari karena di luar budget.
Aaaah dan tentu saja batu" turquoise yang katanya ciri khas Turki.
Waktu ikut Green Tour, kami sempat di ajak mampir ke toko onyx yang juga jual perhiasan perak dengan batu"  turquoise. saya sempat beli 1 cincin yang cantik sekali untuk mama saya seharga 80 TL. waktu itu ga berani beli banyak karena takut kemahalan. - saya pikir di istanbul pasti banyak -
nyatanya di Istanbul - walaupun banyak toko bertebaran - saya ga nemu yang secantik di Goreme.

*Plus pake ketipu saat beli gelang seharga 16TL dan nemu gelang yang sama seharga 4TL di toko lain :(

Tidak ada komentar:

Posting Komentar