Senin, 22 Juli 2013

Turki Trip - D8 - One Fine Afternoon at Canakkale

Tujuan utama kami ke Canakkale adalah mengunjungi Troy.
Kata bapak malaikat yg nolongin saya kemarin, Troy itu ada sebelum Canakkale...
Harusnya turun di persimpangan menuju Troy untuk naik angkot ke lokasi.
Lumayan takes time klo udah kelewat ke Canakkale dan musti balik lagi.

Have no idea itu persimpangan dimana, saya akhirnya menunjuk peta Lonely Planet yang tulisannya "Trojan Horse" ke kondektur bis dan bilang minta di turunin di situ.
Ternyata saya salah tunjuk, yang saya tunjuk adalah Kuda Kayu Kroya yang ada di pinggir pelabuhan, yang konon merupakan hadiah dr Brad Pitt.
Well, klo ga salah Lonely Planet sendiri bilang memang Kuda Troya dan maket informasi yang ada di pelabuhan lebih menarik dan informatif dari Situs Troya itu sendiri.

Diturunin di pelabuhan, kami menuju pusat informasi terdekat.
Ternyata bis ke Troy ada lumayan jauh dr pelabuhan.
Mungkin sekitar 200m dari arah pelabuhan, ke arah bis kami sebelumnya datang....
Waktu itu petunjuknya jalan lurus terus melewati 2 traffic light.
Ternyata ada terminal dolmus di sebelah kanan jalan.

Kami naik dolmus ke Troy dan merasa bodoh karena dolmus berjalan agak jauh ke arah yg sama bis kami sebelumnya datang.
Setelah sekian lama dolmus berhenti di depan pintu masuk Troy.
Waktu kami beli tiket masuk, (15TL) penjaga tiketnya bilang kalo kuda troya nya sedang di renovasi dan bertanya apakah kalian ga masalah dan tetap akan masuk ?
Kami bilang gpp....
well, andai aja dia tau perjalanan panjang kami cari tiket ke Canakkale, cuma supaya sampai di Troy sebelum tutup.

Renovasi nya ga bisa diintip
Diluar sejarah perangnya dan Kuda Troya yang tersohor itu, Troy sendiri buat saya lebih ke reruntuhan kota yang tidak terlalu menarik
"Cuma" ada dinding - dinding dan pondasi" batu
Sehingga saya urutkan no 4 sesudah Akropolis.

Tidak lama di sana, sekitar jam 5 kami kembali ke Canakkale.
Menyusuri jalan kota dari terminal dolmus ke pelabuhan untuk melihat kuda troya dan maket di sana

Its a one fine afternoon at Canakkale.
Orang - orang hilir mudik di pelabuhan
Turis - turis lalu lalang menarik koper besar
Menikmati senja di pinggir pelabuhan
Berjalan menyusuri pelabuhan sambil makan chesnut bakar
Melihat suasana barisan cafe dan orang lokal di pinggir pelabuhan
Pada akhirnya, bagi saya itu adalah sore paling mengesankan sepanjang perjalanan saya di Turki.

Tiket bis ke Istanbul sudah kami beli sebelum ke Troy, karena ada kantor bis Metro yang dekat sekali dengan kantor informasi
harganya 50TL untuk jam 10 malam.
Masih punya banyak waktu, kami memutuskan untuk jalan - jalan di dalam kota sambil cari makan dan lihat"
Walaupun itu masih sore dan ramai, tapi kebanyakan trotoar di pinggir jalan di Canakkale gelap dengan penerangan minim
Musti hati" kalo berjalan sendirian

Kami menemukan rumah makan lokal yang paling murah sepanjang kami makan di turki
Walaupun menurut saya rasanya tidak seenak yg lain
Capek jalan - jalan, teman saya memutuskan untuk duduk di kantor metro, sementara saya cari mesjid untuk sholat
Syukurnya ada mesjid bagus tidak jauh dari pelabuhan, tapi sayangnya wudhu pun saya harus bayar.

Sekitar jam 9 kami naik shuttle bus Metro ke otogar - gratis.
Tukar bis besar di otogar dan menunggu penumpang lain, bis berangkat tepat waktu.
Lucunya bisnya balik lagi ke pelabuhan karena naik fery menyebrang ke Istanbul
Mungkin ribet dan bolak - balik ya, tapi itu mungkin cara supaya pelabuhan tidak hectic oleh bis besar yang ngetem
Terlalu capek, saya bahkan tidak punya tenaga untuk lihat pemandangan dari atas ferry.