Jumat, 16 Agustus 2013

Medan - D1 - Wisata Asap Rokok

Long weekend bulan Juni lalu untuk pertama kalinya saya ke Medan

Soal jalan-jalan, urusannya ga jauh" dr tiket pesawat
Dan soal tiket pesawat, saya jarang banget sukses besar..
Kalaupun dapet murah...biasanya dapetnya karena perjuangan temen seperjalanan
Kalaupun sukses begadang saat diskon..saya jarang nemu yang murah" bgt karena ribet sama tanggal........
eh kenapa juga yg murah di tengah" minggu...

Main kali ini pun dapetnya ga murah - murah banget....
Beda kasta deh ama suhu" traveler yg bisa dapet 10rb sampe medan...

Anyway..kali ini mainnya sama Dita...temen satu kantor beda divisi
Klo diliat" sih kadar tengilnya sama...jd harus nya satu frekuensi ....
Preparationnya juga ga ribet...cuma saling tanya mau kemana, kapan dan ngapain...
Infonya buanyak di internet.......
Yg sedikit ribet malah urusan cari hotel...pilih" karena area pada akhirnya menentukan akses dan kemudahan cari makan. Belum lagi long wiken bikin hotel" mainstream full booked.

Plan kasarnya adalah : Jakarta - Medan - Parapat - Samosir - Parapat - Medan - Jakarta
Ittinerary nya ga muluk" krn emang pengen santai...

Nginep kami putuskan di Medan dan Parapat....di Medan kami pilih hotel yang dekat mesjid raya, sementara di Parapat, pilihannya lebih sedikit (faktor harga dan okupansi) sehingga kami pilih hotel Patra Jasa Parapat.

Day 1 : ooooooff we go !!!

Pagi itu kami bangun kesiangan dan sempet ketar - ketir ketinggalan pesawat...
Apalagi cek in nya uantriiiiii - maklum, long wiken
Hasil nego ke bapak yang jaga antrian ( baca : Pak...udah mepet ini jadwalnya #sambil pasang muka khawatir) ... kami akhirnya ada di jalur "buru-buru". Kayaknya antrian khusus "hampir telat" karena isinya penumpang" bermuka khawatir dengan tujuan yang berbeda - beda.
Airlines itu tampaknya punya beberapa flight dengan tujuan berbeda di waktu yg beti - beti.

Kami sampai di bandara polonia sekitar jam 7 pagi. It was my first and last visit to Polonia Airport....
karena gak lama sesudah itu Polonia nya pensiun.
Hasil browsing : demi kenyamanan kantong, carilah transportasi di luar bandara...
Kami naik taksi ke soto kesawan yang ada di jalan kesawan (ya iyalah)..
Ternyata naik taksi dari bekas pom bensin deket bandara pun pake argo minimal...klo ga salah jauh dekat 25rb...pdhl argo kami pun gak sampai 20rb...

Pas sampai, tukang sotonya masih siap"...
Etalasenya bahkan belum ada isinya....ga masalah lah di tunggu ....
Itu porsi sarapan besar buat saya, krn biasanya cuma minum protein shake.
2 soto + 2 nasi + jeruk hangat + teh manis + sepiring paru goreng...total jendralnya sekitar 80rb
Kalau dibilang enak sih ya enak....tp harganya juga menurut saya gak murah...jd pantas lah klo enak....

Keluar warung setelah makan, saya baru ngeh liat etalase soto
Ayam, udang, daging, paru berjejer - jejer macam mau upacara bendera....sluruuuup
Udangnya guede - guede dengan bayangan label kolesterol melambai - lambai #umurtigapuluhan

Beberapa meter dari situ kami nyebrang untuk mampir ke museum Tjong A Fie.
Awalnya saya kaget karena HTM nya cukup mahal...35rb rupiah
Tapi kemudian hal itu saya maklumi, karena untuk merawat rumah kayu dan seluruh isinya itu butuh biaya besar, dan bagaimanapun itu merupakan rumah dan museum pribadi...ceritanya cukup mewakili sejarah Medan jaman dulu.

Saya tidak pernah menyangka bahwa "berkunjung" ke rumah orang lain - apalagi yang sudah tidak ada - menjadi begitu menarik. Apalagi mbak guidenya begitu ramah dan intens.
Kenapa intens ? - hmm gimana ya ...cara si mbak menyampaikan dan bercerita bikin kita merasa dekat dengan apa yang di ceritakan - seriously ga rugi pergi ke museum ini....
Kami menikmati berlama" di rumah Tjong A Fie, baik itu lihat" isi rumah secara detail, sampai foto" dengan gaya gak jelas.

Dari museum itu kami luntang - lantung di Merdeka Walk yang memang ga jauh dari situ
luntang - lantung ga jelas karena tempat makan di area itu belum buka alias kepagian
nungguin tempat makan buka sampe akhirnya kesampean nyobain kwetiaw dan pancake duren rumah nelayan...
Kwetiaw nya biasa - pancake durennya emang enak - dan emang mahal ...hehe

Sekitar tengah hari kami naik bentor ke terminal Amplas.
Hasil browsing : kalo mau ke parapat, naik bis nya dari terminal amplas
Si Abang bentor nya ini ternyata salah satu dari sekian banyak orang indonesia yang udah sadar pentingnya pariwisata....#jempol
Selain ramah dan spoan, sepanjang jalan doi tunjukin apa yg menurut doi menarik....dari Istana Maimun sampai tempat main seorang pengacara terkenal waktu kecil....
Dan kami berperan seperti turis domestik yang banyak pengen tahu ....#padahal emang dasarnya cerewet

Doi bahkan bertanya : kalo mau ke parapat mah bis" kecil banyak di deket" sini ...ngapain ke Amplas?
Lalu saya dengan sok taunya jawab : ah, bis" kecil itu kan suka ngebut bang...ngeri kali kami nanti #baca dalam logat medan

Sampai di terminal Amplas, sesuai pesanan, kami di turunin di pool bis Sejahtera
Hasil browsing : kalo mau ke parapat, naik bis nya sejahtera...ga ngebut ..
Entah bagaimana, kesan yang saya tangkap waktu sampai adalah bis akan segera berangkat
Mungkin karena pintu bis sudah di tutup dan si kenek terburu" ngambil tas kami #yang sebenernya ga gede" amat juga
Sementara temen saya mengira bahwa bis itu adalah bis AC
Lalu terjadi lah eprcakapan bodoh :

dita : ran, ini kok bis nya ga AC yah ?
me : lah bukannya emang bis ekonomi semua ? emang ada yang AC yah ?
dita : ada tau ...

Sementara kami bingung... bis mulai jalan.....
Dan jadilah kami naik bis ekonomi...tanpa AC,yang menaik turunkan penumpang di tempat yang ia mau
Tapi toh itu bukan masalah terbesar....karena hal terburuk dalam kondisi tanpa AC adalah asap rokok !!

Kondisi penumpang yang sudah banyak ketika kami naik, tidak memungkinkan saya dan dita duduk bersebelahan
Dan memang sudah ada beberapa penumpang yg lg ngerokok di sekitar kami
Saya memilih untuk cuek dan tidur.
Waktu saya bangun, saya lihat dita sudah manyun 12 meter dengan muka di tutupi scraft ala ninja.
Dan waktu akhirnya kami bisa duduk bareng karena ada penumpang yang turun, si dita akhirnya bilang klo sepanjang jalan dia udah negor beberapa orang untuk matiin rokoknya...

Beberapa masih baik mau matiin, beberapa nyolot
Omg........di tanah orang iniiiii, cewek - cewek pula cuma berdua...
Dan dia pun melakukannya lagi ke cwo yang lagi ngerokok dan duduk pas di belakang kami ...
Hasilnya nihil dan negatif....
Jiwa dan raga lagi beres, saya nego dita untuk tidak menggubris  #klo lagi ga beres, pasti saya ajak berantem
Dan manyun nya Dita pun jd nambah satu meter ^ - ^

jadilah kami wisata asap rokok sepanjang perjalanan....
pun saat  hujan turun dan jendela harus di tutup....makin kumplit lah penderitaan
pake acara di lengkapi dengan goyangan bis kiri kanan dan tahan napas saat salip - salipan...

sejujurnya saya menikmati perjalanan itu
mengamati penumpang yang naik dan turun
menikmati pemandangan perkebunan
diiringi alunan dangdut dan lagu melow tahun 80an yang sumpah saat itu saya ikut nyanyi di dalam hati...

saya masih ingat seorang nenek tua dengan baju sederhana dan tas yang penuh jahitan...
mengira" mau kemanakah ia, dimana anaknya membiarkan si ibu pergi sendiri di usia serenta itu..

saya pun masih ingat bagaimana beberapa orang wanita sebaya ...mungkin sekitar 40an naik dari suatu tempat, dan berpencar mencari bangku kosong....
bagaimana beberapa dari mereka yang duduk berdekatan berbincang dengan suara bervolume besar..
bagaimana salah satu dr mereka mengeluarkan dan menghisap rokok yang tampaknya di linting sendiri ....
dan bagaimana salah satu dari mereka - ketika akan turun - menoleh ke belakang dan berteriak pamit dengan bahasa daerah ke teman"nya yang di duduk di belakang...yang di jawab serentak tak kalah lantang plus lambaian tangan.

OMG !!...coba klo gw begitu di bis di jakarta ...di sangka stress pasti ....

Waktu booking hotel Patra Jasa Parapat, saya diinfokan bahwa hotel ini tidak terletak di kota, melainkan sebelum kota parapat. si mbak yang terima telp juga ngasih saya clue : bilang aja turun di gerbang Patra, nanti dari situ telp hotel supaya bisa di jemput ya mbak...
#saya pikir...eh manja aja masa di jemput....tapi liat sikon nanti deh....

Hari sudah mulai gelap, waktu kami di turunkan di gerbang Parapat.
di seberang gerbang ada warung mi instan dan kopi dengan latar danau toba...
Kembung angin dan asap rokok, kami putuskan untuk makan mi instan cup di situ #ga nyebut merek ah
Bapak yang punya warung tampak lagi leyeh", siap menyambut senja dengan baju dingin ala musim salju
cuaca memang mulai dingin ..........
beliau menerima kami dengan ramah dan obrolan standar, tapi cukup sopan membiarkan kami makan dengan tenang ketika mi kami siap.

waktu makan, saya sempat komentar ke temen saya..."makan di tempat begini ga tanya harga dulu...apa gak di getok ya kita...."
lalu cukup kaget karena ketika bayar...mi cup nya hanya enam ribu sajah....
omg, saya udah suudzon.....ternyata ga semua penjual di tempat wisata itu norak...

Karena jarak antara hotel dan gerbang lumayan jauh, si Bapak menyarankan kami untuk call hotel dan minta di jemput di banding jalan....
lagi pula waktu itu sudah mulai gelap...
akhirnya kami ikuti sarannya - dan di jemput oleh pihak hotel yang super ramah
dan ternyata jalannya memang lumayan jauh - berkelok -  sepi dan gelap
awalnya saya pikir akan oke kalo buat tracking pagi .. idealisme sesaat...
pada akhirnya sampai kami cek out dan pergi dari Parapat, saya tidak pernah sekali pun jalan kaki dari gerbang ke hotel.