Selasa, 25 Maret 2014

Japan Trip - D4 - Osaka Bay Area

Dari Nara saya langsung kembali ke Osaka untuk mengujungi tempat – tempat yang sudah saya agendakan.
Realistis terhadap waktu, Umeda Sky Building harus saya coret dari daftar siang itu.
Semoga masih bisa di reschedule besok.

Dalam kereta menuju ke Osaka, saya satu gerbong dengan group anak sekolah, mungkin sekitar kelas 2 atau 3 SD. Walaupun kecil, semua tertib dan teratur.
Sebelum masuk gerbong diberi pengarahan dulu oleh sang guru, masuk gerbong tidak berebut, dan di dalam gerbong tidak ribut.
Karena melihat saya yg "tampak" berbeda, beberapa menghampiri saya dan mencoba berkomunikasi dengan bahasa inggris. Terpatah - patah, ga nyambung, tapi lucu ngeliat mereka colek - colekan supaya ada yg berani ngomomg ke saya.
Bahasa inggris tampaknya menjadi salah satu fokus dalam field trip anak sekolah di jepang. Di  Todaiji Temple tadi, saya lihat anak" sekolah mendekati turis asing - bule maksudnya - untuk diwawancara. - Sempet kepikir, kok saya ga di ajak wawancara yaaaa -

Siang itu saya fokuskan pada Osaka Bay Area, yaitu Universal Studio City, Osaka Aquarium (Kaiyukan), Tempozan Ferris Wheel, dan Naniwa Food Theme Park.
Dilihat di peta, Osaka Aquarium (Kaiyukan), Tempozan Ferris Wheel, dan Naniwa Food Theme Park berada pada lokasi yang sama, sementara Universal Studio City ada di seberangnya, harusnya ga jauh – jauh amat (kata peta lho ya).
Teddy Bear Besaaaaar di depan sebuah cafe dekat Osaka Aquarium. Menggoda minta diajak pulang

Dari stasiun Osakako, petunjuk menuju Osaka Aquarium (Kaiyukan) sudah sangat jelas.
Jelas tidak berarti dekat ya...jalannya lumayan.
Karena saya mau lihat Tempozan Ferris Wheel pada malam hari saya putuskan untuk ke Universal Studio City dahulu.
Tidak untuk masuk sih, Cuma mau foto banci didepan landmarknya, cari suvenir peanuts, dan oleh – oleh kaos hardrock buat papa (kalo ga mahal – mahal amat).
Suvenir Peanuts mudah dicari dijepang. Kemarin sudah nemu beberapa di mall stasiun Namba. Harapan nemu nya jadi lebih besar karena di Universal Studio ini ada juga theme Snoopy.
Dari Osaka Aquarium sebenarnya ada boat menuju Universal Studio, namanya Captain Line.
Infonya bisa ditemukan disini ataupun disini .
Harganya dengan rate saat itu maksimal pp adalah 150rb.
Siang itu sebetulnya pas sekali klo saya mau naik Captain Line.
Kapal yang mau berangkat sudah di depan mata.
Tapi karena saya pelit dan pernah baca soal service boat penyebrangan yang gratis dari Tempozan ke Sakurajima disini, saya putuskan untuk cari service gratis itu.
Ternyata mencari port penyebrangan yang menyediakan service gratis itu tidak mudah.
Setelah bertanya di informasi area Osaka Aquarium, saya dikasih petunjuk arah melewati Ferris Wheel, menyusuri taman lalu .... ga ngerti lagi
Baiklah, Ferris Wheel - lalu taman yang ternyata cantik dengan daun merah berguguran - lalu dermaga bau pesing tempat orang mancing.
Masih persistent, saya lewati orang - orang mancing itu - lalu mentok. #halah
Saya coba bertanya ke salah satu kakek yang lagi mancing, ternyata dermaganya dekat situ, tapi musti keluar dulu memutar taman.
Balik arah melalui pintu saya masuk tadi, lalu...ga bisa diungkapkan dengan kata - kata tapi saya ngerti lah maksud petunjuknya....lumayan jaraknya.
Akhirnya saya nemu bangunan dengan dermaga.
Penampakannya seperti ini :

Tempozan Ferry

Kalau dilihat dari tempat dan tampaknya, kayaknya betul
Disitu ada ruang tunggu, jadwal, dll
Yang bikin ragu adalah disitu ga ada orang dan yang paling penting : Kapal

Masih persistent, saya tunggu beberapa lama.
Lalu muncullah kapal dari arah seberang....horeeee !!!
Setelah semua orang turun, petugas turun, pintu dermaga di kunci ...lalu hening  #Hahah...piye
Saya tanya ke petugasnya, mereka cuma oke dan tunggu
Ooo kayaknya belum jadwalnya
Tapi yang bikin saya bingung,,,kok mereka naik ke kantor atas...jangan - jangan mau bobo sore.

Gak berapa lama penumpang lain mulai berdatangan, dan petugas mulai bersiap - siap.
Baiklah, ini Jepang, dimana semua terjadwal dan teratur.
Saat saya menyebrang, matahari mulai tenggelam...
Alamat kemaleman lagi ini mah

Sunset saat menyebrang
Nyari dermaganya ternyata lebih lama dari nyebrangnya yang cuma 5 - 10 menit.
Masalahnya ternyata tidak berhenti disitu.
Dermaga Sakurajima yang kalo dipeta cuma beberapa milimeter dari Universal Studio, ternyata jauuuuuuuuuuh.
Entah apa karena saya salah ambil jalan atau memang jauh.
Pada kenyataanya, langit sudah gelap saat saya sampai di Universal Studio.

Foto banci, cari suvenir dan mampir hardrock cafe kemudian selesai dalam waktu tak lama.
Suvenirnya sedikit mengecewakan karena barang"nya mayoritas buatan c***.
Sementara suvenir hardrocknya juga mengecewakan karena mahal.
Jadilah saya tidak berlama - lama karena harus mengejar jam tutup Osaka Aquarium.
Kapok dengan proses menyebrang sebelumnya, saya putuskan untuk kembali ke Osaka Aquarium dengan Captain Line, yang dermaganya sangat dekat dari Universal Studio.

Captain Line : Crew nya perempuan semua

Sekitar jam 7 malam saya masuk ke Osaka Aquarium Kaiyukan.
Demikian sehingga saya termasuk yang terburu - buru karena aquarium itu tutup jam 8 (info).
Aquariumnya besar dan luas....
Penghuninya di kelompokan berdasar habitat. Contohnya Aleutian Islands, Ecuador Rainforest, Seto Inland Sea, Monterey Bay, Gulf of Panama, Antartica, Japan Deeps, dan lain sebagainya.
Walaupun waktu saya mepet, saya sempat berlama - lama melihat tingkah polah pinguin yang lucu, bermacam ubur - ubur yang cantik - cantik, serta membayangkan ikan - ikan dan udang - udang besar itu diatas piring #slurups
Sempat sedih terbersit bahwa mereka seharusnya ada di laut lepas.

Menatap tajam seolah bertanya : kenapa aku disini ?

Klo yang ini lagi bolak - balik show off ke pengunjung : Santai dulu kakaaaaaaak

Angin malam yang dingin menciutkan nyali saya untuk naik Tempozan Ferris Wheel
lagian tampak sudah terlalu malam, saya putuskan kembali ke hotel.