Senin, 15 April 2013

Turki Trip - D2 - Cappadocia !!!!!!!!




Kata orang, belum ke turki klo belum ke cappadocia.....
Cappadocia terkenal dengan fairy chimney nya....kontur geografis yang sangat khas
Kata tour guide saya, dulu daerah tersebut adalah danau yg mengering...
Ga pasti juga yah, soalnya saya sibuk foto - foto dan ga ngedengerin dengan seksama

Waktu beli tiket, berkali-kali saya memastikan bahwa waktunya akan mencukupi klo saya ikut baloon tour di pagi hari dan grren tour siang harinya
dan di konfirmasi bisa karena jadwalnya baloon tour dipastikan jam 5 - jam 9, sementara green tour mulainya 9.30 - sore.

Baloon Tour

Sejauh ini, tur ini adalah tur termahal yg pernah saya bayar...
Waktu timbang - menimbang soal tur ini, saya pernah hitung Total cost  nya sungguh ga make sense
Kalau 100 Euro yang sekitar 1,3 juta itu di habiskan cuma dalam 1 jam, maka permenitnya adalah sekitar 22ribu dan perdertiknya sekitar 350 rupiah #bener nggak ?
Demikain sehingga kesimpulannya ga boleh sering - sering kedip nantinya

Malam pertama di Goreme, tidur saya sungguh ga tenang
Takut ketinggalan jemputan untuk baloon tour
Akhirnya jam 3 saya udah siap - siap...
Siap - siap nya ternyata butuh effort besar karena kamar mandi ada di luar kamar dan suhu di luar masih dingin sekali macam di bromo

Sesudah akhirnya saya siap, yang saya tunggu kemudian adalah adzan subuh dan sholat
Tapi sekian lama di tunggu adzan subuhnya tidak kunjung datang
mmmm....ada adzan kan disini ? negara muslim kan yah ? kedengeran sampe sini ga ? apa jangan - jangan sudah adzan tapi ga kedengeran ?
Daripada gambling keburu dijemput malah ga sempet sholat, saya putuskan untuk sholat
Lagian siapa tau mesjid nya jauh shg adzan subuhnya ga kedengeran........
Gak lama selesai sholat.....baru denger adzan ...huft
Gak papa lah ya....kan dalam perjalanan ....

Sesudah sholat pun saya masih belum di jemput
Groginya kelamaan...kok ga di jemput" yah ?
Sudah tidur - tidur ayam, tengok" berkali - kali keluar, bahkan sempet lari saat ada mobil berhenti di depan hostel -ternyata tour lain yang njemput penghuni hotel-
Saya akhirnya di jemput pada hampir jam 5....saat itu matahari udah hampir terang benderang
Beda sekali dengan testimonial orang di blog yang saya baca...katanya jam 4 udah dijemput sehingga pas naik balon masih keliatan sunrisenya

Saat itu tampaknya memang saya yang terakhir di jemput, karena pemberhentian selanjutnya adalah restoran untuk sarapan
Baloon tour ini memang sepaket sama sarapan -mungkin bagian dari pencegahan masuk angin-
Tapi sarapannya menurut saya setengah"...cuma ada roti keras dan minuman hangat
- berharap nasi uduk pake bakwan dan mihun ...hahah -
Ngantrinya pun panjang.
Untungnya saya sempat bawa jahe instant....
Dan jadilah sarapan itu sedikit memuaskan hati...

Perjalanan ke lokasi take off baloon tidak memakan waktu lama
Rasanya excited banget liat banyak sekali balon di 1 lokasi
Ada yang masih di gelar, ada yang mulai di pompa, ada yang udah mulai take off, beberapa bahkan sudah mulai terbang.....

Waktu saya datang, baloon yang saya naiki udah siap terbang -baca : udah di pompa-
Alhamdulillahnya keranjangnya cukup kecil, kisaran untuk 16 orang...
Artinya ga terlalu berdesak - desakan dan kemungkinan jumlah kepala yang mengganggu foto saya menjadi semakin kecil
Didalam keranjang juga ga di loss, tp ada sekat antara untuk penumpang, pilot serta mesin
Dari penumpang di seluruh keranjang itu, saya yang terakhir naik
Awalnya 1 bagian yang saya tempati itu di tempati 4 orang termasuk saya...
Tapi sesudah saya naik, 1 orang di pindah ke sekat lain
Hehe. mungkin krn saya gede :D
Anyway, akhirnya balon saya berangkat dengan penumpang HANYA 15 orang
Yeaaaay, bayar murah tp dapet yg keranjang kecil dengan isi minimal
Syukurnya saya jd leluasa bergerak ambil foto dr segala sisi
Karena jujur aja, yang 1 sekat isinya 4 orang tampak pada ga bisa gerak krn kesempitan :D

 

Buat saya yang pernah solo paralayang, naik balon ini biasa aja
Adrenalinnya lebih oke paralayang
Tapi memang lebih nyaman naik balon
Bayangin aja paralayang tanpa otot buat narik angin dan tanpa mendarat dengan pantat -yap, saya masih mendarat dengan pantat-
Anyway, mendaratnya baloon ini juga lumayan unik....
Sebelum turun si pilot sudah janjian dengan sebuah tim di darat, yang datang dengan mobil + tempat mendarat
Si keranjang harus pas mendarat di atas tempat itu..untuk kemudian diikat di situ
Terlihat tidak susah sih krn mendarat lambat dan bisa di arahkan -tp pasti beraaaat-
Sesudah penumpang turun, dan sambil menunggu balon selesai di gulung...si pilot akan memperkenalkan tim-nya, bagi - bagi sertifikat dan bersenang - senang ngobrol bersama sambil minum sampanye
Waktu semua minum sampanye, saya sok sibuk aja ambil foto...
Sampai mereka noticed saya ga megang gelas dan sibuk nawarin...-3 orang lho yg ndatengin dan nawarin-
Waktu saya bilang ga mau, si pilot bilang klo itu non alcohol sampanye
Ngga deh, makasih....ga mau ambil resiko ....
So far berdasar pengalaman, service Anatolia Baloon sangat recomended  :)

Saya kemudian diantarkan kembali ke hotel dengan selamat dan menemukan teman saya sedang sarapan
Sarapan pertama saya ala turki...
Isinya roti keras yang boleh ambil sepuasnya-yap, jangan ngebayangin roti macam di indonesia yang empuk, roti turki mayoritas kera, tatpi tetap enak- dilengakapi dengan potongan orange, tomat, timun, beberapa buah zaitun, potongan sosis dan keju, serta buah peach dan aprikot kering yang sudah disediakan dalam piring alias di jatah
Ramai sekali dalam satu piring...


Sarapan yuk

#Green Tour
peta tour by hiro tour

Masih beberapa lama sejak selesai sarapan sampai kami di jemput untuk Green Tour
sekali lagi kami di jemput paling akhir
dan alhamdulillahnya malah bisa duduk di depan...deket heater, puas liat pemandangan dan bisa foto"...

Green Tour ini adalah tour yg paling lama durasi nya...
rekomended untuk di ambil karena tempatnya jauh", ga jelas ada angkot apa ngga sehingga susah klo jalan sendiri...
tempat yang di kunjungi juga bagus dan beragam...mulai dari underground city, tracking, sampe makan siang di tempat yg menurut saya eksotis banget
ga nyesel deh
Hiro Tour ini menurut saya juga ga mengecewakan....tepat waktu dan guidenya ramah dan komunikatif..

my first turkish luch : ikannya enak - nasi nya basa basi doang

next : D3 - Goreme Open Air Museum & Konya #4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar